tangkap layar cerpen Saudara yang Sempurna

Judul Cerpen               : Saudara yang Sempurna.

Pengarang                   : Benny Arnas.

Jumlah halaman         : 6 halaman.

Penerbit                      : Media Indonesia.

Tanggal terbit             : 27 September 2020.

Saudara yang Sempurna merupakan cerpen karya Benny Arnas, seorang penulis, sutradara, novelist dan produser asal Lubuklinggau. Cerpen karyanya banyak tersebar di koran-koran. Salah satunya cerpen ini, yang aku baca lewat website lakonhidup.com jika kalian ingin ikut membaca bisa klik link ini: https://lakonhidup.com/2020/09/27/saudara-yang-sempurna/.

Pepatah “Rumput tetangga selalu lebih hijau dari milik sendiri” agaknya cocok dengan cerpen ini. Bercerita tentang dua kakak beradik kembar perempuan. Jannati kakaknya dan adiknya yang lahir hanya beda beberapa menit, bernama Jannah.

Padahal awalnya, aku pikir cerpen ini akan biasa-biasa saja, karena mengangkat cerita kakak beradik. Tapi ternyata aku salah! Menurutku cerpen ini keren sekali, alur yang bercerita dari sudut pandang karakter Jannati, membuat aku merasa kalau cerpen ini unik. Aku juga suka gaya bahasa yang digunakan Benny Arnas, pemilihan diksinya bagus dan aku bisa merasakan berbagai perasaan sedih yang campur aduk.

Aku sendiri merasa, kalau cerpen ini dibagi menjadi tiga fase. Pertama saat mereka berdua SMA dan SMP. Ke dua saat kuliah. Ke tiga saat lulus kuliah dan masuk dalam dunia kerja serta pilihan menikah atau tidak.

Dari satu masa ke masa lainnya, aku merasa ada perbedaan emosi yang membuat aku merasa kesal, bersimpati, gemes sendiri sama karakternya dan ikut sedih karena terharu melihat perjuangan masing-masing karakter.

Dari segi tokoh, tentu aku suka karakter Jannita dan Jannah. Aku suka dengan sikap mandiri Jannita yang hidup di Jepang. Awalnya ia bisa masuk Meiji University, berkat bantuan ayahnya membiayai kursus intensif bahasa Jepang. Tapi, ketika ia liburan semester dan pulang ke Jakarta, dirinya memergoki sang ayah membawa perempuan ke apartemen. Hal itu membuat dirinya pergi meninggalkan sang ayah dan hidup mandiri di Jepang. Mati-matian ia menyelesaikan S-2 dengan bantuan beasiswa dan kerja sampingan cuci piring. Disitu aku melihat kalau Jannita adalah wanita karir yang kuat. Apalagi setelah lulus, ia mendapatkan pekerjaan yang bagus, menjadi manajer regional di pernebitan terkemuka.

Kalau dari Jannah, aku tentunya kagum dengan ketulusan yang dia miliki. Menurut aku Jannah itu tipe-tipe perempuan yang penurut dan penyayang. Karena ia sayang sekali dengan ibunya. Sampai suatu saat, ada seorang duda yang ingin melamarnya. Duda itu berjanji akan membiayai pengobatan ibunya, jika Jannah mau menikah dengannya. Pernikahan itu terjadi, dengan harapan ibunya sembuh. Tapi ternyata Jannah salah, duda itu menikahinya tanpa memberi uang untuk pengobatan ibunya. Malah suaminya sendiri memperburuk kondisi, sang ibu pingsan dua kali ketika melihat Jannah menjadi korban kekerasan suaminya sendiri. Pada akhirnya ia bercerai dan mampu berjuang mengurus ibunya sendirian dengan cara menjadi guru honor dan berjualan. Sama seperti Jannita, bagiku Jannah juga wanita yang sangat kuat. Ia mampu bertahan dengan keadaan yang ada.

Dari gaya penulis, bercerita melalui sudut pandang Jannita, yang merasa kalau ia sedang bersaing dengan adiknya itu. Membuat aku membandingkan dua karakter ini dan merasa kalau mereka sebenarnya sama-sama wanita kuat, tapi dengan pengalaman dan jalan hidup yang berbeda. Cerpennya pantas diberi dua jempol!

Akhir kata. Pendapat pribadiku merasa kalau cerpen Saudara yang Sempurna mencerminkan beberapa perilaku manusia yang suka iri dengan orang-orang di sekitarnya. Padahal, kita bisa lihat sendiri dari cerita ini. Tidak ada yang lebih baik atau yang lebih buruk, karena seseorang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s